Rekognisi Pembelajaran Lampau

Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 41 Tahun 2021 tentang RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau), yaitu untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi setiap individu untuk menempuh pendidikan formal, nonformal dan informal melalui fasilitas pembelajaran sepanjang hayat serta memberikan kesempatan penye​taraan terhadap kualifikasi tertentu.

Maka dari itu, IKIP Siliwangi menyelenggarakan RPL untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat melanjutkan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi yang pada akhirnya adalah pemberian bukti hasil belajar berupa Ijazah. Pembelajaran dan/atau pengalaman masa lampau yang diakui dapat berasal dari pendidikan formal lain yang diperoleh dari sebuah perguruan tinggi lain atau berasal dari pendidikan nonformal, informal, dan/atau dari pengalaman kerja (Tipe A).

Rekognisi Pembelajaran Lampau tersedia untuk kriteria berikut:
  • Lulusan SMA atau sederajat dengan pengalaman kerja, RPL progam Sarjana
  • Peserta Alih Progam Jenjang Sarjana/Magister (dengan/tanpa pengalaman kerja)
  • Putusan kuliah/tidak menyelesaikan perkuliahan Jenjang Sarjana/Magister (dengan/tanpa pengalaman kerja)

Alur Pendaftaran

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ditujukan bagi pendaftar yang melanjutkan perkuliahan dari universitas sebelumnya atau rekognisi pengalaman kerja dari bidang yang relevan. Mendaftar Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) tidak sama dengan mendaftar sebagai mahasiswa baru (kelas reguler/karyawan). Untuk pendaftaran mahasiswa baru bisa mengeklik link berikut https://app-pmb.ikipsiliwangi.ac.id/register.

Sudah siap?

Bergabung sekarang melalui rekognisi pembelajaran lampau ke IKIP Siliwangi dengan mengeklik tombol berikut!

Sekretariat Pendaftaran

Ruang A1, Gedung A, Kampus IKIP Siliwangi Cimahi - Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi, Jawa Barat 40521

Scroll to Top